RSS

TABIK..

02 Des

Masih jelas dalam ingatan saya, kalimat-kalimat yang mengalir di pagi itu:

“Sekolah bukan sekedar belajar lalu lulus, namun dalam rangka sampai pada “lahanmu”. Saya percaya setiap manusia membawa peruntukkannya masing-masing, atau mempunyai lahan masing-masing. Karena itu cari, dapatkan, dan tekuni lahanmu, niscaya kalian semua akan mendapatkan. Seseorang yang berhasil adalah seseorang yang tahu persis dimana “lahan”nya, dimana peruntukkannya. Seseorang tersebut dengan tekun mengolah lahannya, menikmati setiap cucuran keringatnya”.

Mendengar wejangannya waktu itu, saya, bocah perempuan berseragam SMP tepekur, menyerapnya, dan mematrinya dalam pikiran dan hati. Masih terbayang jelas, saya mendongak dan menatap takjub wejangan Bapak Hanafi, guru sekaligus Kepala Sekolah SMP N di sebuah kota kecil.

Begitulah, seorang guru tidak saja berperan dalam memberikan pengajaran, namun juga berperan dalam mendidik. Alangkah indahnya bila semua guru dan dosen melakukan hal yang sama, yaitu memberikan pengajaran dan pendidikan.

Demikian keharusan yanag dibebankan kepada guru-guru dan dosen-dosen. Namun, bagaimana kita bisa berharap banyak apabila masih besar jumlah Guru-Guru Hononer dan Dosen-Dosen di negeri kita ini. Apakah kita serta merta bisa menuntut standar guru dan dosen sedemikian rupa bila kesejahteraan mereka belum tercukupi?.

Entahlah, yang penting pada pagi ini, lewat tulisan ini saya ingin memberikan salam tabik kepada Bapak Hanafi, seorang guru, dimana saya lupa mata pelajaran apa yang diajarkan, namun saya masih mengingat keihklasannya saat berdiri di depan kelas, dan kalimat-kalimat indahnya tersebut. Kalimat-kalimat tersebut turut serta mempengaruhi cara saya dalam menjalani dan menyikapi kehidupan..

Salam Tabik Pak Hanafi…
Semoga Allah SWT berkenan memberikan ganjaran indah atas kebaikan Bapak…

RW
Jakarta, 3 Desember 2014

Tulisan ini diupload di Fb tgl 3 Desember 2014/www.facebook.com/ririn wulandari

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 2, 2014 in Motivasi

 

Tinggalkan Balasan

 
