RSS

Renungan Akhir Tahun

31 Des

oleh: Ririn Wulandari

Menjelang berakhirnya tahun 2012, ada perasaan yang tak bisa dijelaskan. Menengok hari-hari ke belakang membuat saya terpaku dan terdiam. Berbagai jenis gelombang telah saya ikuti iramanya agar “kapal” saya tetap terus berlayar. Agar tidak oleng atau bocor hingga tenggelam di lautan lepas.

Berbagai kerikil, semak berduri, hingga tembok tebalyang menghadang pun telah saya lewati. Sebagai pejalan, saya sering menangis ketika menemukan tembok tebala yang tidak bisa lewati sementara saya sudah kelelahan. Berusaha mencari jalan lain bukan perkara mudah. Saya mesti mengumpulkan semangat dan tenaga terlebih dulu agar bisa berjalan memutar. Semak berduri atau kerikil pun bukan perkara mudah untuk saya lewati begitu saja. Kalau saya salah melangkah, maka kenyerian luka kecil akan mengganggu saya.

Sebaliknya, saya sedikit terhibur karena bagaimanpun tahun 2012 merupakan tahun bergelimpangan anugerah dariNYA. Anugerah Allah SWT tak bisa saya rinci di sini satu persatu karena demikian banyaknya.

Satu yang dapat saya pelajari dari perjalanan saya sejauh ini adalah apapun kebaikan yang saya dapatkan sebagai anugerah dariNYA karena balasan atas bentuk dan cara saya yang saya pilih sebagai “pejalan”, selain doa dan kebaikan Orang tua dalam menjalani kehidupan.

Kalaupun saya menemukan gelombang yang dasyat, tembok tebal, ataupun semak-smak berduri, itu semua karena Allah menghendaki saya agar lebih kuat sebagai “pejalan”. Sebagai pejalan yang kuat, tabah dan sabar, skenario indahNYA sudah disiapkan untuk saya. Bisa juga sebagai bentuk peringatan Allah SWT atas hal-hal yang kurang baik yang telah saya lakukan.

Apapun yang saya temui dalam perjalanan saya menjadikan saya bersyukur. Satu hal lain yang membuat saya demikian bersyukur adalah Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya untuk membuka mata di awal tahun 2013. Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada saya dengan kesehatan, kesempatan dan kelapangan yang baik , agar bisa terus melangkah pada kehidupan di tahun 2013 dan tahun-tahun mendatang, sehingga saya bisa memperbaiki diri terus menerus dan menorehkan kebaikan dan manfaat yang lebih banyak lagi.

RW
Rabu, 1 Januari 2013

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 31, 2012 in Ekonomi, Motivasi

 

Tinggalkan Balasan

 
