RSS

Sistem yang Berinteraksi

25 Sep

Pada suatu waktu saya perlu “mundur” sejenak dari gegap gempita “dunia”. Upaya “mundur” adalah upaya menghentikan sejenak interaksi dan keterhubungan antara sistem di dalam tubuh kita dengan sistem di luar tubuh kita. Tidak dengan cara yang luar biasa, melainkan dengan cara yang biasa saja. Menyendiri di kamar, di ruang kerja, berlama-lama di toilet, menyepi di pantai, atau di pegunungan.

Tubuh kita adalah sebuah sistem. Sistem tubuh kita terdiri dari subsistem-subsistem. Lebih dari itu, tubuh kita adalah bagian dari sistem di luar tubuh, yaitu sistem semesta dengan segala isinya.

Keterhubungan antar subsistem dan sistem yang lebih luas bisa bersifat positif maupun negatif. Bersifat positif apabila sistem di dalam tubuh kita kuat serta dialiri sesuatu yang positif sehingga menghasilkan kekuatan yang juga bersifat positif. Kekuatan ini akan mempengaruhi sistem di alam semesta, bukan dipengaruhi.

Demikian juga sebaliknya, apabila kekuatan didalam sistem tubuh sdg melemah, maka kekuatan dari luar yang akan merangsek masuk. Tergantung pada medium mana kita berada, apakah di medium yang positif ataukah negatif. Apabila di medium positif maka kita akan dipengaruhi kekuatan positif, demikian sebaliknya.

Memperhatikan adanya konsep sistem dan interaksi diantara subsistem dan sistem yang lebih luas tersebut, maka menentukan kapan kita berada di mana adalah sesuatu yang menentukan keseimbangan dalam berjalan di kehidupan.

Berdasarkan pemahaman tersebut, berikut sedikit tip:

Kalau anda sdg badmood, kurang bergairah dan kurang bersemangat, sebaiknya tdk berdekatan dengan seseorang atau komunitas yang menurut anda “negatif”, karena pancaran “negatif”nya menguat dan akan mempengaruhi anda. Tetapi anda perlu melakukan sebaliknya, dekati orang-orang atau komunitas yang menurut anda “positif” semisal mereka yang bersemangat, riang gembira, dan selalu berfikir positif. Karena Energi “positif mereka yang akan mempengaruhi sistem di dalam tubuh anda yang sedang lemah…

Ketika anda sedang bersemangat, riang gembira, berfikir positif, saat itulah anda perlu mendekati semua orang. Karena anda yang mempengaruhi, bukan dipengaruhi. Bentangkan sayap-sayap cinta, tetesi mereka semua dengan kasih sayang anda, tanam kebaikan di sana-sini, dan pancarkan energi positif anda, ke semua arah…

Bagaiman menurut sampeyan?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 25, 2011 in Ekonomi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: