RSS

Mudik di hari fitri

21 Agu

Mudik selalu menjadi rehat yang manis. Untuk itu berbagai upaya ditempuh sebagian besar masyarakat kita dalam menjalani ritual tersebut. Mudik menjadi rehat manis karena di dalamnya ada serupa penambahan energy baru, charging of energy, setelah setahun menjalani rutinitas yang menggulung hampir semua kepentingan sangat pribadi. Menjadi mur-mur ekonomi yang berputar tak ada hentinya. Perekonomian yang kita bangun dan sekaligus menghancurkan masing-masing dari kita, kalau kita tidak was-was menyikapinya. Menghancurkan nurani yang kinclong menjadi berdebu tebal, menghancurkan kepentingan yang paling bersih menjadi kepentingan yang abu-abu. Sekali lagi kalau kita tidak was-was menyikapinya dalam putaran perekonomian nasional, perusahaan, hingga rumah tangga.

Lalu gasing itu berhenti sejenak di hari fitri, menghitung apa saja yang telah kita lakukan dalam setahun, Menakar sejauh mana kita melangkah. Sementara itu tatap rindu mengering terguyur rinai hujan. Dibilas tatapan mata tua, kasih dan rangkulan nan hangat, serta udara dengan bau kanak-kanak yang sangat akrab. Siapa yang kan sanggup melewati mudik seperti ini?

Bagaimana bila tatapan mata tua, kasih, rangkulan hangat, serta udara dengan bau kanak-kanak yang sangat akrab tak lagi kita punya? Kemana kita akan mudik?

Sebenarnya kita bisa selalu mudik, pada tafakur separuh malam, iringan kicauan burung, goyangan lembut daun-daun, bercengkrama dengan mentari, memandang langit nan pekat yang kadang disinggahi bintang, bulan, serta pada hati kita yang lapang. Kita selalu bisa melakukan rehat yang manis…

Aih mudik…aku ingin mudik, membaui udara dengan bau kanak-kanak yang sangat akrab. Bagaimana dengan anda?

Selamat mudik, selamat rehat, semoga berbahagia, dan selamat merayakan Idul Fitri..luv u all.

Salam jabar erat
Ririn Wulandari

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 21, 2011 in Ekonomi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: