RSS

Kali ini aku menang

22 Agu

Hari ini aku mengunjungi W&C, setelah itu aku bebas menentukan rencana-rencanaku.  Baju merah, tas merah kukenakan. Aku mesti bersemangat pagi ini.  Traffic Light perempatan Kemang Prapanca menghentikan mobilku.  pandanganku singgah ke sebuah rumah yang belakangan aku tahu bahwa rumah tersebut adalah Mess.  Seorang nenek-nenek bongkok sedang menyapu dengan asyik.  Begitu penuh perasan dan telatennya nenek tersebut menyapu daun-daun kering dan kotoran-kotoran yang ada.  Layaknya Nyoman Nuarta sedang mengukir dan memahat patung-patungnya…..

 

Nenek tua dengan keasyikannya menampilkan wajah sumringah.  Membuatku berfikir…akankah aku bisa menjadi nenek-nenek?…..Kalaupun bisa…apakah aku bisa terus konsisten menikmati kehidupan ini dengan antusias dan keasyikan seperti halnya nenek tersebut?….

 

Baju merah, tas merah kukenakan pagi ini, agar aku bersemangat.  Agar  aku tetap berdiri tegak ketika seseorang di W&C mengharuskan aku bertemu dengannya di theater 1, 2 atau 3….keputusannya yang membuatku ketakutan kali ini.  Beberapa kali dia mengharuskan aku keesokan harinya bertemu denganya di theater….wajar kalau pagi ini adalah puncak ketakutanku…beberapa kali dalam hidupku……

 

Selesai mengajar, aku terburu-buru menuju Women & Children hospital….seseorang itu adalah dokterku…Dokter yang berkali-kali dalam hidupku mengatakan bahwa tidak bisa ditunda…kita ketemu di theater 1, 2, 3…Theater 1,2 ataupun 3 adalah ruang operasi di sebuah rumah sakit.  Rumah sakit yang bertengger dengan megah di keramaian Jakarta…

 

Selesai melakukan pemeriksaan, aku menatapnya dengan cemas….dan dia mengatakan sesuatu yang membuatku begitu lega….Kali ini aku mengalahkan kista….kista yang beberapa bulan lalu sudah 2 cm…kini sama sekali bersih…..Kista yang tidak bosan-bosannya  membawaku diam tak berdaya di theater….diam dengan kepasrahan….diam dengan semburat pertanyaan…akankah dapat siuman kembali?

 

Kista yang hampir dua puluh tahun datang dan kugempur….datang lagi….kuenyahkan lagi…..datang lagi….kuusir lagi….begitu berkali kali….itulah yang menyebabkan aku beberapa kali berhubungan dengan pisau bedah, theater dan petugas medis berbaju putih……..Kista…yang menyebabkan aku setiap  6 bulan beberapa kali berhubungan dengan jarum suntik….jarum suntik yang memberikan efek agak lumayan…panas dan pusing….panas dan pusing yang kualihkan dengan berjalan-jalan di mall….berjalan terus…dari satu pintu ke pintu lain…sembari mengagumi dan terheran-heran…kok ya..ada barang-barang semahal itu….

 

Kistaku…yang tergolong jenis kista ganas…kista endometreosis….dengan gejala….demam setiap menjalankan aktifitas agak berat, sakit di perut bawah, nyeri luar biasa di sepanjang kaki…..dan sakit serta demam ketika haid….Kista…berbeda dengan kanker…kista memang tumbuh dan menempel, tetapi tidak merusak jaringan sel-sel.  Tidak demikian halnya dengan kanker.  Kanker dapat merusak jaringan sel-sel…dalam hitungan detik..menit…jam…hari…bulan…ataupun tahun….Dan aku masih bersyukur…karena hanya kista yang menggangguku….

 

Kali ini aku mengalahkan kista….itu patut lebih kusyukuri…semangat sekolah kah yang membuatku lebih kuat dibanding waktu-waktu yang lalu ataukah karena aku mengadakan perubahan dalam menyikapi “tetek bengeknya” kehidupan dan perjalanan kehidupan?…..

 

Cara baru menyikapi hidup….yang aku canangkan ketika terakhir terbaring di sebuah kamar mewah, dengan peralatan medis yang lengkap dan jendela lebar…..dengan pemandangan gunung salak…..kamar sebuah rumah sakit di pinggiran kota…..

 

Semangat baru….untuk menjadi Doktor……yang hanya sebatas mimpi dan wacana berpuluh tahun lalu…kini sudah di depan mata…..

 

Pemahaman atas diri dan pemahaman atas orang lain…..

 

Mencintai dan merasa dicintai……

 

Beberapa hal itulah yang membuatku kali ini menang melawan kista…..dan aku bisa mengukir berbagai rencana dan melaksanakannya….karena aku tidak perlu “mundur beberapa langkah”…..

 

Saat ini… aku….demikian diliputi rasa syukur…dan Alhamdullilah…..kalau aku dapat  bertahan selama hampir dua puluh tahun…..pastinya aku akan bertahan untuk minimal dua puluh tahun mendatang…..Amin…

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2008 in Pribadi

 

4 responses to “Kali ini aku menang

  1. Tipri Rose Kartika

    Agustus 22, 2008 at 1:26 pm

    Mbak Ririnku……yang baik, sungguh aku terharu membaca tulisan mbak ini. Memang kita hidup itu harus dinikmati dan disyukuri. Tidak lupa kita selalu memanjatkan doa agar selalu diberikan berkah dalam hidup ini, segala macam berkah. Selamat mbak Ririn sudah mengalahkan penyakit yang selama ini ada di dalam diri mbak, bukankah penyakit itu bisa hilang dikarenakan mbak pasarah dengan hidup ini? Tentu saja pasrah bukan dalam arti tidak melakukan apa-apa, tetapi tetap berusaha dan tetap menikmati hidup ini dengan layaknya mbak tidak terkena penyakit apa-apa. Apalagi kami teman-teman di dmb4 umumnya,terutama aku (adik mbak di Dmb4 hehehehe) sangat sayang sama mbak, dan akan selalu menemani langkah mbak. Ok…..jadi tetap bersemangat dan selalu ceria…………

     
  2. ririnwulandari

    Agustus 23, 2008 at 11:40 pm

    Dik Tipri yang cantik…he..he….senang deh tulisanku bisa “dirasakan”…terima kasih ya….betul Dik….kepasrahan menikmati “sajian Allah SWT”…..kepasarahan menikmati “apa saja yang menjadi bagian kita”…..membuat kita kuat menjalani kehidupan ini…bahasa Bapakku..”trimo ing pandum”….

     
  3. Oddy Rangga Sadewa

    Agustus 27, 2008 at 3:45 pm

    Alhamdulillah Bu Ririn sudah bisa menyembuhkan penyakit yang slama ini mengganggu atau mngkin mnyebalkan ya Bu ^^ . Kdng sbagian orng mngkin brpikir yasudalah mau gmna lg, mreka yg brpikir sprti itu mngkin mmiliki alasan trsendiri, tapi kl mreka tdak brusaha scara maksimal, hasilnya pun nda maksimal. 4jjl pasti mbri balasan yg maksimal jika qta mlkukan ssuatu dngn masksimal, entah baik atau tidak yg qta lakukan. Jaga kesehatan baik- baik Bu Ririn. Enjoy Ur Life Today but Dont Forget Ur Life Next Time

     
  4. ririnwulandari

    Agustus 27, 2008 at 4:45 pm

    “Enjoy Ur Life Today but Dont Forget Ur Life Next time”….wah bagus itu……Sebuah cara menikmati hidup hari ini dengan kehati-hatian karena masih ada hari esok…terima kasih ya….

     

Tinggalkan Balasan

 
